Sabtu, 19 Maret 2016

Prinsip Umum Pembelajaran






 
Sumber Gambar: anizanedu3103mab.blogspot.com

A.    Perhatian dan Motivasi
Perhatian itu penting, tidak aka nada belajar jika tanpa perhatian. Peserta didik memperhatikan bahan belajar sesuai dengan kebutuhan. Jika ia merasa butuh maka ia akan memperhatikan dan termotivasi untuk mempelajari bahan belajar tersebut.
   Motivasi adalah tenaga untuk menggerakkan aktivitas seseorang. Motivasi pun ada kaitannya dengan minat. Orang yang berminat ia akan memperhatikan sehingga muncul motivasi untuk mempelajari suatu bahan belajar.

B.     Keaktifan
John Dewey mengatakan bahwa belajar merupakan menyangkut apa yang harus dikerjakan oleh peserta didik sendiri, maka inisiatif untuk belajar harus datang dari peserta didik tersebut. Pendidik hanya sebagai pembimbing atau pengarah.
Mc. Keachie menyatakan bahwa indiviru adalah manusia belajar yang aktif selalu ingin tahu. Aktif yang dimaksud yaitu aktif fisik (mudah diamati) dan psikis (sulit diamati). Aktif fisik misalnya membaca, menulis, sedangkan aktif psikis misalnya membedakan konsep 1 dengan konsep lainnya dan keaktifan yang sulit diamati lainnya.

C.    Keterlibatan Langsung
Edgar perpendapat, belajar yang paling baik adalah menjalaninya langsung. Siswa tidak sekedar hanya mengamati tetapi ia harus menghayati dan terlibat langsung dalam pembuatan dan bertanggungjawab atas hasilnya. Contoh belajar membuat tempe, peserta didik tidak hanya sekedar mengamati tetapi harus praktik untuk membuat tempe, agar ia benar-benar paham bagaimana cara membuat tempe yang baik.

D.    Pengulangan
Berdasarkan Teori Daya, belajar adalah melatih daya-daya yang ada pada manusia. Daya tersebut antara lain mengamati, menganggap, mengkhayal, merasakan, berfikir, dan sebagainya. Dengan mengadakan pengulangan maka daya tersebut akan berkembang. Bagaikan pisau yang terus diasah maka akan semakin tajam.
Teori koneksionisme (Thordike) menyatakan bahwa belaar adalah pembentukan hubungan antara stimulus dan respon, serta pengulangan terhadap pengalaman dapat memperbesar timbulnya respon yang bnar.

E.     Tantangan
Berdasarkan Teori Medan menurut Kurt Lewin, siswa belajar dalam suatu medan. Siswa atau peserta didik yang belajar pasti mempunyai tujuan. Akan tetapi, dalam belajar pasti ada hambatan saat mempelajari bahan belajar tersebut. Maka timbullah motif untuk mengatasi hambatan tersebut dengan mempelajari bahan belajar.
Dapat disimpulkan bahwa, belajar adalah berusaha untuk mengatasi hambatan untuk mencapai tujuan. Agar timbul motif yang kuat pada peserta didik, maka bahan belajar harus menantang.

F.     Balikan dan Penguatan
Teori belajar Conditing menurut BF. Skinner yang merupakan kunci dari Low effect-nya Thordike yaitu hubungan stimulus dan respon akan bertambah erat jika disertai dengan perasaan puas. Jika suatu perbuatan menimbulkan efek baik, maka perbuatan tersebut cenderung untuk diulang. Misalnya, peserta didik akan belajar lebih giat dan semangat jika ia mengetahui bahwa mendapat hasil (nilai) baik. Hal tersebut akan menumbuhkan penguatan baginya.
Penguatan ada dua macam, penguatan positif dan negatif. Contoh dari penguatan positif adalah ketika peserta didik mendapat nilai baik, ia akan lebih giat belajar agar mendapatkan nilai baik lagi. Contoh penguatan negative adalah ketika peserta didik mendapat nilai kurang baik, ia lebih giat lagi dalam belajarnya karena ingin mendapat nilai yang baik.

G.    Perbedaan Individu
Peserta didik merupakan individu yang berbeda seperti perbedaan intelegensi, minat, bakat, hobi, tingkah laku, sikap, berdasarkan latar belakang keudayaan, ekonomi, sosial dan keadaan orangtuanya. Pendidik harus mampu memahami hal tersebut.
Peserta didik berkembang sesuai kemampuannya masing-masing, tempo perkembangannya juga berbeda-beda. Pendidik harus dapat memberi materi pelajaran sesuai temponya. Perbedaan individu tersebut berpengaruh pada cara dan hasil belajar peserta didik.
 

Prinsip Umum Pembelajaran di atas merupakan salah satu tugas saya pada matakuliah Metode Pembelajaran PLS (UM) semester 4. Semoga bermanfaat bagi yang memerlukan.
Salam semangat..

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar